Rabu, 28 November 2018

PERKEMAHAN PRAMUKA MADRASAH IBTIDAIYAH 2018

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat A. Buchori, membuka secara resmi upacara pembukaan Perkemahan Pramuka Madrasah Ibtidaiyah (PPMI) ke-2 Tahun 2018, yang diikuti oleh 710 siswa Pramuka Penggalang Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Cianjur, pada Minggu (4/11) di Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas Cianjur.
Turut hadir dalam acara yang digagas oleh Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah untuk kedua kalinya tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Cianjur Pardi Suhardian, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Hamdan, Ketua KKMI Kabupaten Cianjur Aliya Bismielia, dan seluruh Pengurus KKMI Kabupaten Cianjur serta para Ketua KKMI Kecamatan se-Kabupaten Cianjur.
Dalam sambutannya Kakanwil sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia menyampaikan bahwa pendidikan kepramukaan seperti ini sangat penting untuk menumbuhkan tunas-tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, kader pemimpin pembangunan yang mumpuni, bertanggungjawab, dan mampu membangun dunia yang lebih baik.
Kegiatan PPMI ke-2 Tahun 2018 diselenggarakan selama tiga hari mulai Ahad-Selasa tanggal 4-6 November 2018, dengan tujuan (1) Memberikan wawasan dan pengalaman anggota Pramuka Madrasah Penggalang dalam hal keterampilan serta pengembangan gerakan pramuka, (2) Tumbuhnya para kader yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, handal, tangguh, dan terpercaya untuk kepentingan masyarakat, (3) Menumbuhkan kesadaran disiplin hidup dengan lingkungan masyarakat, serta (4) Mempererat tali silaturahmi antar anggota Pramuka Madrasah.
PPMI ke-2 Tahun 2018 merupakan kegiatan yang sarat dengan rekreasi edukatif di alam terbuka, sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual, dan sosial, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.
Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam PPMI ke-2 Tahun 2018 diantaranya (1) Kegiatan Keagamaan terdiri dari Sholat 5 waktu, Sholat Maghrib dan Subuh Berjamaah, Kultum (kuliah agama tujuh menit), Tadarus Alqur'an, Qiyamullail, dan Muhasabah, (2) Kegiatan Umum terdiri dari Malam Ta'aruf dan Selamat Datang, Upacara Pembukaan, Upacara Penutupan, Upacara Bendera dan Apel, Kegiatan Olahraga, Api Unggun, dan Pentas Seni, (3) Kegiatan Peningkatan Wawasan, (4) Kegiatan Halang Rintang, (5) Kegiatan Bakti Masyarakat, serta (6) Kegiatan Kompetisi.

Galeri Foto











Kontributor : Muhammad Nurzain

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon masukan kritik dan saran